Artikel ini saya dapat dari sebuah mbok pemberian sobat di Bisnis PayTren yaitu Bang Jun dan bagi saya ini ulasan ini sangat memberi saya inspirasi yang ingin saya bagikan ke sahabat dumay yang kebetulan lewat ataupun mencari - cari di mbah google ataupun di mbah Yahoo dsjn. berikut ulasan tersebut yang berjudul >
"Kesalahan Fatal Pebisnis Online dan Solusinya"
karya bang M. Nasrulloh AJ
Sebagian besar orang ketika membahas bisnis online, maka yang terlintas didalam pikirannya adalah sebuah bisnis sampingan, yang bisa menghasilkan pendapatan dengan mudah, cukup duduk diam duit datang.Karena itu adalah sebuah bisnis sampingan, maka bisa dikerjakan disetiap waktu luang, seperlunya, atau bahkan sesempatnya.
Tidak perlu menguras banyak waktu dan pikiran, cukup main jempol juga bisa sukses. Dengan target pasar internet di Indonesia yang mencapai ratusan juta pengguna, dan sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat nomor 3 didunia, maka sangat menarik rasanya untuk ikut juga mencicipi bisnis online Apalagi, dengan berbagai testimoni oleh para pebisnis online yang sudah sukses, mereka dengan enteng mengatakan hanya meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk bisa meraup penghasilan puluhan hingga ratusan juga sebulan!
Kayaknya kok gurih amat yah!
Sejak tahun 2003 saya sudah belajar untuk bisa menghasilkan uang melalui Internet. Berbagai cara saya tempuh, dari jualan lewat website, main google adsense, jadi Affiliate amazon, dan bermacam-macam bisnis online lainnya. Ternyata, apa yang dikatakan oleh para pebisnis sukses itu, cukup meluangkan waktu 1-2 jam saja, bahkan anak kecil juga bisa, bertahuntahun saya coba, enggak berhasil juga Saya ikuti yang namanya Riset Keyword biar jadi Page One di Google, ilmu SEO semua sudah dikeluarkan, gagal juga.
Bertahun-tahun saya tidak paham, kenapa saya gagal. Sampai akhirnya saya menemukan juga kesalahan-kesalahan yang saya lakukan. Dan kesalahan-kesalahan ini masih sering dilakukan oleh pengusaha/pebisnis online pemula. Jadi, anda tidak harus melakukan banyak kesalahan sampai belasan tahun untuk tahu bahwa langkah anda salah. Anda cukup belajar dari kesalahan yang orang lain buat, sehingga anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama.
Karena bisnis online itu luas sekali, saya membatasi khusus Bisnis Online yang menggunakan media Facebook. Kenapa? Terlalu luas kalau saya bahas juga tentang website, dll.
KESALAHAN #1
BISNIS ONLINE TIDAK BUTUH KOMITMEN YANG BESAR
Menjadi karyawan / pegawai saja yang mereka digaji dengan nominal tetap sebesar UMR, mereka mau berkomitmen untuk berangkat pagi, masuk kerja tepat waktu, bekerja dengan dedikasi tinggi, istirahat dengan disiplin, dan pulang kerja tepat waktu hingga petang. Itu untuk dapat gaji sebesar UMR.
Sementara tahukah anda bahwa bisnis melalui jalur Online jika anda bisa berkomitmen seperti komitmennya seorang karyawan/pegawai, maka saya sangat yakin, untuk mendapatkan penghasilan 10X lipat lebih besar dari gaji karyawan / pegawai tersebut sangatlah mungkin dan sangat masuk akal.
Yang menjadi masalah, bayangan penghasilan sih puluhan juga sebulan, tapi komitmen untuk menjalankan bisnis online secara sungguh-sungguh ogah2an. Mau komitmen sejam dua jam, gitu ngarep penghasilan puluhan juta????? Jadi jika anda merasa masih pemula, anda harus punya komitmen lebih didalam menjalankan bisnis ini.
Saya ada seorang kawan yang komitmen menjalankan bisnis online secara disiplin dan
profesional. Jam 7 pagi, dia langsung masuk ke kamar kerjannya. Istirahat jam 12.00 - 13.00, kemudian masuk kamar kerja lagi hingga jam 16.00 WIB, baru setelah itu dia akan melakukan aktifitas lainnya, seperti main kerumah teman, ketetangga, dll.
Jadi selama jam 7.00 pagi - jam 16.00 WIB, dia tidak kemana-mana. Dia menganggap dirinya sedang kerja seperti di kantor dulu. Selama jam kerjanya tersebut, dia melakukan aktifitas online dengan profesional seperti membuat materi iklan, menerima pesanan, membalas WA/SMS/telepon, juga mengepak paketan. Semua dia lakukan dengan teliti dan disiplin.
Buah dari komitmennya tersebut setiap hari seperti itu, dia bisa beli rumah ratusan juga, bisa beli mobil baru cash, dan juga dia bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan orang tuanya. Saya sendiri, ketika masih awal-awal main Bisnis Online secara profesional, saya meluangkan waktu untuk riset dan praktek, sehari rata-rata menghabiskan waktu 13-18 jam sehari.
Sangat berat bukan? Lalu kalau seberat itu, kapan waktunya untuk keluarga dan kegiatan lainnya? Tenang, anda hanya butuh komitmen seperti itu, jika cukup serius dan benar melakukannya, anda hanya perlu waktu 1-2 bulan saja. Setelah 1-2 bulan, anda berkomitmen menjalankan bisnis online secara profesional, maka benar, anda bisa hanya meluangkan waktu setiap hari 1-2 jam saja untuk online.
Yang berat itu diawalnya, berkomitmen selama 1-2 bulan itu! Menurut saya itu sangat sebanding! Iya, sebanding untuk memiliki penghasilan puluhan juta setiap bulan! Untuk gaji setara UMR, kita mau kok bekerja puluhan tahun, bahkan kalau perlu seumur hidup. Kenapa untuk bisnis online dengan porensi penghasilan belasan kali lipat UMR kita tidak mau komitmen?
Jadi, Bisnis online itu BISNIS SERIUS. BISNIS PROFESIONAL.
Sejak saya menganggap bisnis online bukan bisnis sampingan, saya baru bisa merasakan manisnya bisnis online. Padahal, saya sendiri sebenarnya punya bisnis OFFLINE, yang lumayan bergengsi, yaitu property, yang sudah jelas-jelas menghasilkan "uang gede", tapi kenapa saya masih mau repot-repot mikir bisnis online, bahkan berkomitmen hingga 18 jam sehari selama berbulan2?
Karena saya menyadari, ada potensi sangat besar didalam bisnis online. Dan pengalaman saya didalam bisnis mengajarkan, bahwa setiap bisnis yang berhasil, haruslah dikerjakan secara profesional, bukan asal-asalan, bukan ogah-ogahan, bukan sesempatnya, bukan main-main. Itulah kesalahn pertama Pebisnis Online Pemula!
KESALAHAN #2
GAGAL FOKUS
Seringkali kita sudah bisa berkomitmen waktu untuk belajar dan menjalankan bisnis online secara profesional.Begitu, sudah didepan laptop atau gadget kita, baru mau bikin materi-materi produk dan iklan, seringkali kita malah salah fokus.
Kita malah sering tergelitik untuk:
- Mengomentari status-status yang tidak perlu seperti kisruh politik, berita kriminal, dll
- Klik link-link berita / informasi yang kelihatan menarik, dan akhirnya kita malah kelamaan membaca dan habis waktu untuk hal yang tidak penting.
- Menonton video Facebook, apalagi sekarang dengan fasilitas "autorun", semakin menggelitik untuk kita tonton.
- Terkadang juga malah nyasar video di Youtube, dll.
Jika anda benar-benar ingin sukses di Bisnis Online, anda harus mampu menolak godaan - godaan tersebut yang akan membuat gagal fokus. Agar tidak gagal fokus, karena saya sering mau belajar malah nyasar di website atau youtube yang ga jelas, saya sampai menulis pada kertas dan saya tempel dibagian atas layar laptop saya: "INGAT! FOKUS! KATANYA MAU SUKSES!" Sebuah trik kecil agar saya jadi ingat tujuannya saya online.
KESALAHAN #3
BELAJAR TIDAK SISTEMATIS
Kebanyakan pebisnis online pemula, lama suksesnya karena mereka tidak mau belajar secara sistematis kepada ahlinya, yang mereka sudah terbukti sukses dan berhasil. Kalaupun mereka ketemu dengan mastah2, bertanya sepotong, dijawab sepotong, akhirnya bingung juga pada aplikasinya.
Banyak pemula yang merasa "sayang uang" untuk investasi belajar secara sistematis. Sehingga, lebih memilih belajar kepada Google. Dengan prinsip, semua ada di google, Pemula akan lebih cenderung belajar teknik-teknik bisnis online dengan mencari di google. Tapi tahukah anda, bahwa semua yang ada di google tersebut, informasinya tentu sepotong-sepotong, tidak sistematis.
Akibatnya, si pemula semakin banyak membuka google, malah semakin nyasar kemanamana. Terkadang, malah ada yang keasyikan baca artikel satu ke yang lainnya, sampai lupa praktek. Atau ada yang praktek, tapi karena sepotongsepotong, akhirnya semuanya tidak hasil. Semua memang ada di google, tapi apakah anda bisa mengurutkannya secara sistematis?
Pemula yang kebanyakan belajar dari google, biasanya bukannya berhasil bisnis onlinenya, tapi dia biasanya hanya sukses mengkoleksi ratusan artikel bisnis online, tanpa menghasilkan uangnya. Ya, dia hanya berhasil jadi kolektor artikel, ebook dan tutorial, tapi tidak sukses sebagai pebisnis online.
Untuk belajar secara sistematis, anda bisa belajar secara tuntas pada mereka yang sudah berhasil di bisnis online. Anda bisa mengikuti workshop yang membahas sistematis, dan lain sebagainya. Tetapi sekali lagi, seringkali pemula berpikir, sayang mengeluarkan uang untuk belajar bisnis online. Kalau di google ada. Mereka tidak sadar, dengan mereka nyasar - nyasar terus di belantara hutan google, mereka justru mengeluarkan investasi yang luar biasa banyak, yaitu investasi waktu yang terbuang, dan juga biaya.
Dan paling parah adalah, mereka biasanya akhirnya putus asa tanpa jadi merasakan manisnya bisnis online. Jika anda ingin sukses sebagai pebisnis online, FOKUS pada 1 bidang dan belajar secara sistematis. Itulah alasannya saya menulis buku Facebook Marketing, buku tersebut hanya fokus hanya pada 1 bidang, hanya bisnis via Facebook saja, dan saya buat secara sistematis, berdasar pengalaman pribadi, baik pengalaman gagal maupun berhasilnya.
Saya buat buku tersebut langkah perlangkah, yang bisa diikuti oleh seorang pemula sekalipun. Ingat, FOKUS 1 BIDANG DAN SISTEMATIS. Jadi, kalau mau adsense, ya adsense saja, kalau mau affiliate amazon ya amazon saja, kalau mau belajar Facebook Marketing, ya Facebook Marketing saja.
Ga usah serakah, semua mau dipelajari, jatuhnya ga ada yang sukses sama sekali. Bukannya tidak boleh belajar yang lainnya, tapi kalau masih pemula, 1 saja. Kalau anda sudah hebat dibidang itu, silakan anda mulai bangun bisnis online lainnya. Yah, siapa tahu Facebook nasibnya kayak MySpace, social media terbesar didunia sebelum facebook yang tiba-tiba almarhum.
KESALAHAN #4
TIDAK PAHAM PSIKOLOGI CUSTOMER
Seorang pebisnis online pemula, cenderung acuh dengan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh customer. Yang terpikir adalah jualan dan jualan. Yang terpikir yang penting orang harus order dan beli. Ingat, customer itu manusia! Mereka memiliki pikiran dan perasaan. Mereka tahu mana yang membuat nyaman dan mana yang membuat tidak nyaman.
Ketidak tahuan tentang Psikologi Customer ini, biasanya mengakibatkan kesalahan- kesalahan seperti: SUKA SPAM ( kaya yang punya Blog ini hahaha... dah tobat bro). Pemula banyak sekali melakukan spam, promosi dagangan yang tidak pada tempatnya. Banyak yang sebar iklan dagangan di grup-grup yang isinya bukan untuk jualan.
Ada yang spam di Inbox, bahkan komentarpun jadi sasaran spam. Tindakan seperti itu, justru akan membuat jengkel orang yang membaca. Kalau awal saja sudah jengkel, bagaimana mungkin anda masih berharap anda akan banjir order? Jualan itu harus menyentuh sisi psikologis si pembeli.
Didalam ilmu berjualan, ada 4 langkah yang harus anda lewati agar bisa sukses jualan, yaitu:
- Building Trust / membangun kepercayaan.
Tanpa pembeli memiliki rasa percaya kepada si penjual, jangan berharap orang akan membeli produk anda. Spaming adalah tindakan Building UNTRUST, yaitu tindakan membangun ketidak percayaan.
Ketika orang merasa jengkel, orang secara bawah sadar akan mengaitkan kita dengan hal2 negatif. Building Need / Membangun Kebutuhan Jangan harap anda sempat membangun kebutuhan, yaitu orang jadi merasa butuh dengan produk yang kita miliki jika anda melakukan spam.
- Give Solution / Memberi Solusi
Bagaimana kita mau memberi solusi ketika orang ingin beli produk kita dan merasa masih ada keberatan, sementara tindakan SPAM kita saja sudah merusak penilaian mereka kepada kita?
- Close The Sales / Menutup penjualan
Jurus Close The Sales, seampuh apapun tidak akan pernah cukup efektif untuk membuat orang berbondong-bondong membeli produk kita, karena SPAM yang kita lakukan.
- UPDATE STATUS SELALU JUALAN
Ini penyakit pebisnis online Facebook, mereka rajin sekali ganti Foto Profile dengan foto dagangannya, atau update status sehari berkali-kali, isinya jualan dan jualan. Hal ini akan membuat orang justru merasa jenuh dengan postingan anda yang monoton.
Update status jualan boleh, itupun harus tahu tekniknya yang benar. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah kita harus rajin-rajin memberikan informasi kepada teman-teman FB kita tentang hal yang bermanfaat. Hal yang bermanfaat tersebut tentu saja yang masih ada hubunganya dengan produk yang kita jual. Jadi tidak melenceng dari jualan kita sebenarnya, tapi tidak isinya jualan terus pula.
Ada pula yang setiap update status jualan tidak lupa buat nge-TAG atau menandai teman2nya. Tahukah anda, itu sangat membuat orang tidak nyaman! Teman anda mungkin tidak menghapus tanda/tag tersebut hanya karena tidak enak dengan anda. Tapi, perbuatan seprti itu, sangat tidak membuat nyaman kawan kita tersebut.
Buatlah status yang elegan yang dengan senang hati, orang lain mau membagikan status kita, dan tentu saja, status tersebut adalah status yang bermanfaat, mengandung informasi
menarik/penting, ataupun merupakan hal / pengetahuan baru buat mereka.
- MALAS BERINTERAKSI PANJANG LEBAR DENGAN CUSTOMER
Tidak jarang, seorang pebisnis pemula tidak mau sabar didalam menghadapi seorang pembeli. Ketika ada orang yang banyak sekali bertanya, malah biasanya marah, sehingga jawabnya seperlunya dan pendek-pendek.
Padahal ketika anda memperlakukannya dengan sabar dan baik, walaupun dia bertanya panjang lebar, dan ternyata juga masih tidak mau beli, maka setidaknya anda sudah menancapkan sebuah keyakinan pada konsumen tersebut, bahwa anda adalah penjual yang baik, anda penjual yang menyenangkan, dll.
Sehingga, di lain waktu, ketika mereka membutuhkan atau teman mereka membutuhkan produk seperti yang kita jual, maka pilihan pertama akan jatuh kepada kita. Kesabaran itu selalu berbuah manis.
- MALAS MENANGGAPI KOMPLAINAN
Wajar sekali didalam transaksi jual beli, akan ada komplain dari orang yang beli. Komplain ini harus diladeni dengan baik. Pebisnis pemula biasanya sangat takut ketika menghadapi komplainan. Padahal, ketika komplainan tidak ditanggapi dengan baik, maka mereka dijamin tidak akan pernah repeat order lagi kepada anda. Dan bahkan mereka bisa menyebarkan ketidaknyamanan berbisnis dengan anda dimana-mana. Ini tentu bisa menyebabkan matinya bisnis anda.
Untuk menanggapi komplain, lakukan sbb:
- Berikan jaminan. Misalnya, jaminan pasti barang sampai, jika tidak sampai / rusak maka anda bersedia mengembalikan 100% uang pembeli tanpa potongan serupiahpun.
- Berikan kompensasi. Misal, karena barang yang dikirim cacat, anda bisa memberikan potongan harga.
- Segera berikan kepastian. Misal karena barang tidak sampai juga, anda bantu tracking barang sudah sampai mana, atau jika sampai 1 bulan tidak juga sampai, uang kembali 100% tanpa potongan.
- Ketika menanggapi komplain, jangan pernah berpikir untung rugi. Kalaupun anda harus menanggung kerugian secara materi, tidak mengapa yang penting konsumen merasa diperhatikan dan puas.
- Menjaga kepercayaan ini jauh lebih mahal dari uang berapapun. Karena bisnis online sangat tergantung kepada kepercayaan.
demikian lah sedikit ilmu yang bisa saya bagikan dari kisah para leader sukses online yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda khususnya saya karena disini kita bersama - sama belajar. sekian dan terima kasih ;-) kapan - kapan kalau ada waktu saya lanjutkan kembali ulasan tsb.
Inspirasi Bisnis Online
Reviewed by Agus Payt
on
Rating:
Post Views:
Tidak ada komentar:
dari hati ke- hati untuk hidup ini lebih baik